Sejuknya Desa Vokasi Kopeng

Bagi warga Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang tentunya sudah tidak asing lagi dengan desa vokasi Kopeng. Desa ini memang pantas mendapat predikat tersebut karena memang memiliki potensi wisata yang mulai berkembang. Selain itu aksen peninggalan kolonial Belanda juga tak jarang bisa kita rasakan disana. Tak heran desa ini menjadi tujuan wisata alam, baik oleh wisatawan domestik dan luar. Pada masa penjajahan dulu, Kopeng pernah di singgahi oleh Belanda sehingga desa ini sudah dikenal oleh orang di luar Jawa Tengah. 
Ada satu hotel berarsitektur Belanda lengkap dengan tamannya yang dikenal dengan hotel pemandian Kopeng, sekarang disebut hotel Kartika Wisata. Disamping itu terdapat pula 6 Villa kuno yang juga di bangun hampir bersamaan dengan hotel Kopeng. Semua villa tersebut kini sudah di pugar, namun masih tetap berarsitektur Belanda.

Hotel Kartika Wisata (1.500 mdpl),
gedung antik peninggalan Belanda
kolam renang di depan hotel,
airnya dingin bgt...
 
Kopeng terletak di Lereng Gunung Merbabu di  sisi utara, dan termasuk di wilayah kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, diapit oleh dua gunung yaitu gunung Telomoyo dan gunung Andong, serta satu  bukit Gajah Mungkur  yang bentuknya mirip punggung gajah. Jaraknya 11,88 km dari kota Salatiga dan jika dari Salatiga perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan pribadi. Jika anda dari kota Magelang maka jarak sekitar 28 km dengan waktu tempuh sekitar satu seperempat jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Terdapat juga beberapa angkutan umum yang beroperasi dari arah Salatiga maupun Magelang dari terminal masing-masing kota.

Gunung Gajah Mungkur, mirip gajah kan...

Posisi alam berada pada ketinggian 1500 dpl ini berdasar patokan letak Hotel pemandian kopeng berada, dengan udara dan tiupan angin dingin, suhu udara siang hari saat ini, berkisar antara 19 -23 derajat celcius. Suhu di pagi hari dibawah jam enam pagi bisa mencapai 18 derajat celcius pada musin kemarau, dan jika musim penghujan justru lebih hangat.

Suhu air di bak mandi atau penampungan di pagi hari bisa mencapai 13 derajat celcius, dingin banget pokoknya kalo pas berwudhu mu sholat subuh.
SPBU terdekat ke kopeng adalah ada di kota salatiga jika dari arah kota Salatiga atau pertigaan pasar sapi Salatiga, jika  bahan bakar kendaraan anda tinggal sedikit dan masih berada di kota Salatiga, isi dan beli karena di Kopeng belum ada SPBU. Jika anda dari kota Magelang juga saya sarankan beli juga maksimal di Tegalrejo SPBU yang berjarak 3 km dari terminal induk Magelang arah ke kopeng, karena setelah anda melewati SPBU ini perjalanan sepanjang 25 km tidak  ada Pom Bensin lagi. Jika anda nekad dan teryata kehabisan bahan bakar maka anda harus mengecer di pinggir-pinggir jalan yang ada.

Terletak di lereng gunung Merbabu sebelah utara, termasuk di area kawasan global taman nasional gunung Merbabu, ketinggian dari permukaan laut 1.500 meter, dari arah timur berjarak 12 km dari kota Salatiga, 34 km dari kota Ungaran, 56 km dari kota Semarang. Jika dari arah barat melalui kota Magelang berjarak 27 km. Tepatnya di kecamatan Getasan kabupaten Semarang JATENG.

di sekitaran gardu pandang Cunthel Kopeng tampak Gunung Andong

Jika teman-teman sudah berada di Borobudur, Mungkid, Magelang, Jateng, maka jarak dari sana ke Kopeng hanya tinggal 57 km ke arah utara atau pusat Kota Magelang, lalu ambil ke kanan lewat terminal bus induk Magelang (terminal Canguk), terus ke utara pertigaan lampu merah ambil kanan dan melewati jembatan, Sungai Elo, dari jembatan jalan terus kurang lebih 60 menit mobil pribadi, maka sampailah di Kopeng.

Jalan kategori kelas propinsi antar daerah, kondisi medan naik turun, berkelok-kelok, jarak pandang terbatas jika diselimuti kabut, baik dari arah kota salatiga jika dari timur maupun Magelang jika dari arah barat. Kondisi permukaan jalan raya yang tertinggi ada di lintasan depan gerbang masuk lokasi wisata hotel pemandian kopeng 1478 mdpl.

sisi lain desa Kopeng sebagai penghasil sayur mayur segar

WISATA

Terdapat 2 kelompok wisata yaitu Taman Rekreasi yang dikelola oleh PEMDA dan Hutan Wisata/bumi perkemahan oleh Perum Perhutani Unit I JATENG.
Taman rekreasi dikenal dengan lokasi hotel pemandian kopeng dengan nama hotel kartika wisata yang berupa taman santai bawah pohon, kolam renang, loby pertemuan dan rapat, villa peristirahatan, lapangan tenis, pasar sayur dan souvenir.Yg di kelola oleh PEMDA atau PUSKOPAD TNI AD.

Hutan Wisata/bumi perkemahan yang sering dikenal dengan sebutan Umbul Songo, adalah merupakan Cagar alam hutan lindung yang berupa rekreasi alam bawah pohon pinus, mata air dan sungai, tempat kemah, kolam renang umbul songo, jalan menuju rute bascamd pendakian gunung merbabu dan lokasi tantangan dan uji keberanian di lokasi kopeng Treetop edventure di sebelah timur komplek bumper hutan wisata pinus kopeng yang ada 2 tahun yang lalu. Di kelola oleh PERUM Perhutani Profinsi Jateng perwakilan Unit daerah Kedu Utara di Magelang.

Dua Sahabat hendak ke sekolah
dengan menyusuri Hutan Pinus Kopeng

Kopeng Treetop Adventure Park  adalah taman bermain dan sekaligus tantangan, bawah pohon pinus  yang sudah puluhan tahun umurnya dan berdiri kokoh sebagai saranana  tali pancang dan  simpul  anatara satu tipe permainan ke yang berikutnya. Taman ini didisain khususnya yang berbasis tali -temali auto play dan ketinggian disesuaikan, baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Di kelola bersama Oleh Perhutani dan PT. Treetop Edventure.

Wisata lain adalah wisata belanja tamanan Hias di rumah-rumah penduduk sekitar lokasi cagar alam hutan  pinus. Disamping wisata pendakian Gunung Merbabu, dilokasi Wisata Kopeng terdapat Air Terjun Umbul Songo (Sembilan Mata Air). Konon, Umbul Songo merupakan mata air yang ditemukan oleh para wali jaman Demak untuk mencukupi kebutuhan air Wudlu. Para wali ini kemudian bersama-sama berdoa memohon kepada Allah SWT untuk dimudahkan dalam memperoleh mata air, guna keperluan berwudlu atau bersuci. Permohonan para wali dikabulkan dan keluarlah mata air yang debitnya sangat besar yang dinamakan Umbul Songo. Umbul Songo ini terdiri dari sumber mata air disekitar Tekelan, Contre, Tayengan, Selodhuwur dan Kopeng.

KULINER

Cuaca yang dingin membuat anda perlu sesuatu yang menghangatkan, Kopeng punya salah satu penawar hawa dingin yang menusuk tulang itu. Tak lain dan tak bukan adalah kuliner khasnya yang bisa menghangatkan badan sekaligus mengisi perut yang tengah keroncongan. Salah satu kuliner yang banyak dijajakan disana adalah "Sate Kelinci". Kuliner yang satu ini memang jadi andalan di setiap objek wisata dataran tinggi, tak terkecuali Kopeng. Bakal mudah sekali ditemukan warung-warung yang menjajakan sate yang berbahan utama daging hewan berbulu yang sebenarnya terlalu imut untuk disantap.


ada beberapa pilihan

malang sekali nasibmu nak...!!!
 
terlihat lezat bukan...???

Sekian ulasan mengenai Desa Vokasi Kopeng yang bisa dijadikan referensi liburan bersama keluarga. Kopeng menunggu kalian untuk menyapanya...!!!











Komentar

  1. @Danan Gyu
    asli Kopeng mas???

    salam kenal saya dr Getasan hehe...

    BalasHapus
  2. minggu kemaren abis kesana..tp air terjun nya kering mas..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa memang air terjun di sekitar Kopeng yang musiman, kalo kemarau kering...

      Hapus
  3. Ada yg tau villa-villa di kopeng, gan ? Sklian kontak'nya klo ada... hehehe.. thx.

    BalasHapus
  4. wah bagus banget wisata kopeng semarang.. kalo dari kota semarang berapa jam itu perjalanan?

    BalasHapus
  5. lewat sana pas menjelang maghrib, Subhanallah.. it's very cool there

    BalasHapus
  6. jalur salatiga ke muntilan lewat kopeng naik angkutan umum ada ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mas, Salatiga - Terminal Tidar Magelang terus oper yg ke arah Muntilan

      Hapus
  7. ndasteng i mesake kelinci ne ndes raine marake hatiku merasa iba :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan enggan beri kritik dan saran yaaa...!!!